Minggu, 05 Juni 2011

Tanggung jawab dalam kehidupan

Manusia merupakan makhluk social yang paling sempurna di muka bumi ini,setiap manusia mempunyai berbagai permasalahan dalam hidupnya,dalam menjalani berbagai aktivitas kehidupannya setiap orang harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap apa yang ia telah lakukan.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga bararti berbuat sebagai perwujudan kesdaran akan kewajiban. Tanggung jawab terhadap diri sendiri menurut kesdaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengebangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan maslah- masalah kemanuasiaan mengenai dirinya sendiri. Menurut sifat dasarnya manuais adalah makhluk bermoral, tetapi manuasi juga seorang pribadi. Karena merupakan seorang pribadi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri angan- angan sendiri. Sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan angan- angan itu manusia berbuat dan bertindak. Dalam hal ini manuais tidak luput dari kesalahan, kekeliruan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Dalam tanggung jawab tidak hanya kita dapat mengucapkannya saja tetapi hal yang tersulit adalah mengimplementasikannya dalam hidup kita,tanggung jawab banyak conyohnya diantaranya adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri,tanggung jawab terhadap orang tua,dan tanggung jawab terhadap teman kita sendiri.
Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab atas diri sendiri berarti memanage diri sendiri terhadap suatu hal yang bersifat pribadi,sesorang harus menjaga dirinya sendiri dari segela perbuatan yang merusak dirinya misalnya menjaga diri agar terhindar dari narkoba, menjaga diri dari bahaya sekitar. Apabila kita tidak dapat menjaga diri sendiri maka kita akan mempertanggung jawabkan semua hasil perbuatan buruk kita, tentunya hal tersebut akan sangat merugikan diri kita sendiri.
Dengan bertanggung jawab atas diri Anda sendiri, Anda dapat memulai sebuah perjalanan yang sangat berlimpah. Dari kehidupan miskin menuju kehidupan yang makmur. Bukan hanya makmur dalam hal harta belaka, namun makmur pada segala bidang, makmur akan uang, makmur akan cinta, makmur akan kebahagiaan, makmur akan hubungan, makmur akan petualangan dan makmur-makmur yang Anda impikan.

Tanggung jawab terhadap orang tua
Dewasa ini peran orang tua dalam mendidik anaknya sangatlah besat maka kita senagai anak harus punya tanggung jawab terhadap orang tua sendiri,maka kita sebagai generasi muda harus mampu untuk merubah paradigma berfikir seperti ini. Karena juga merupakan calon orang tua masa depan yang diharapkan mampu lebih baik daripada orang tua saat ini. Baik dalam hal keimanan, moral, bahkan finansial sekali pun untuk membentuk anak sebagai pribadi yang mampu bersaing di era globalisasi saat ini dan masa yang lebih maju akan datang. Hal hal yang dapat kita lakukan untuk bertanggung jawab terhadap orang tua misalnya :
• Tidak ada komentar yang tidak mengenakkan hati orang tua kita.
• Tidak menyusahkan kedua orang tua dengan ucapan yang menyakitkan.
• Mengucapkan ucapan yang lemah lembut kepada keduanya diiringi dengan sikap sopan santun yang menunjukkan penghormatan kepada keduanya. Tidak memanggil keduanya langsung dengan namanya, tidak bersuara keras di hadapan keduanya. Tidak menajamkan pandangan kepada keduanya (melotot) akan tetapi hendaknya pandangan kita kepadanya adalah pandangan penuh kelembutan dan ketawadhuan.
• Berdoa memohon kepada Allah agar Allah menyayangi keduanya sebagai balasan kasih sayang keduanya terhadap kita.
• Bersikap tawadhu’ dan merendahkan diri kepada keduanya, dengan menaati keduanya selama tidak memerintahkan kemaksiatan kepada Allah serta sangat berkeinginan untuk memberikan apa yang diminta oleh keduanya sebagai wujud kasih sayang seorang anak kepada orang tuanya.
Dengan kita memiliki rasa tanggung jawab terhadap orang tua berarti kita telah dapat menghargai jasa orang tua kita yang sudah lama dengan susah payah mendidik kita .karena ridho allah terletak pada ridho kedua orang tua kita.
Tanggung jawab terhadap orang lain
Memiliki rasa kepedulian sosial berarti kita sudah memiliki rasa tanggung jawab terhadap orang lain karena kita hidup di dunia ini dalam ruang lingkup social.

0 komentar:

Poskan Komentar