Jumat, 26 November 2010

Pelapisan sosial dan kesamaan derajat

Di dalam masyarakat sering kita lihat secara langsung banyak sekali fakta yang timbul, yaitu ada orang yang kaya yang mempunyai banyak harta,ada yang tidak sama sekali atau dapat di katakan orang miskin,dan juga ada yang diantara keduanya.hal itu merupakan salah satu pelapisan social yang ada di dalam masyarakat.

Pelapisan sosial merupakan pembedaan penduduk/masyarakat ke dalam kelas secara bertingkat (hierarki) berikut ungkapan pitirim A.sorikin.berdasarkan salah satu penjelasan tentang pelapisan sosial dapat diartika sebagai pembedaan penduduk kedalam lapisan / tingkatan dengan jenjang status.

Akibat dengan adanya pelapisan sosial akan timbul dampak,diantaranya perbedaan mendapatkan hak yang istimewa yaitu bahwa orang yang lebih kaya selalu ingin mendapat hak yang istimewa disbanding dengan lapisan yang ada di bawahnya.




Berdasarkan dengan kodrat bahwa pembagian strata tersebut tidaklah penting di mata sang pencipta,karena di mata tuhan semua manusia sama dan hanya amal perbuatan yang dapat membedakan yang satu dengan yang lainnya.

Beberapa sebab yang menimbulkan pelapisan sosial diantaranya :
1.Uuran kekayaan
2.Uuran kehormatan
3.Uuran ilmu pengetahuan

Sebab-sebab di atas merupakan suatu ukuran yang dapat membedakan strata sosial karena ukuran tersebut dapat meninggikan rasa kemampuan dan kesombongan yang membedakan kelas yang ada di bawahnya.

Karena pada dasarnya kesamaan derajat seseorang tidak di ukur dari materi yang ia dapat.karena jika kita mempunyai rasa tersebut akan timbul hubungan yang tidak harmonis dalam masyarakat.

Pendapat penulis : pelapisan sosial merupakan pengelompokan strata yang tidak dapat di jadikan tolak ukur untuk membedakan kelas yang lain,karena pada hakikatnya semua manusia sama dan akibat timbulnya hal tersebut dapat membentuk suatu pribadi yang angkuh dan tidak mensyukuri apa yang telah ia dapatkan.

Sumber : http:// google.com

0 komentar:

Posting Komentar