Minggu, 05 Juni 2011

Manusia dan cinta kasih

Dalam hidup manusia terkadang kita menemukan suatu hal yang penting yaitu cinta, dalam kehidupan yang membelenggu ini dan hanya sebuah fatamorgana cinta merupakan suatu anugerah yang telah di berikan tuhan yang sangat berarti karena dengan cinta dan kasih sayang kita dapat saling merasakan kontak batin dengan orang lain yang menyebabkan hubungan menjadi lebih indah.
Terkadang cinta dan kasih hanya di identikan dengan lawan jenis saja,tetapi pada dasarnya cinta dapat kita curahkan kepada orang lain seperti orang tua , sahabat , dan tema kita, bahkan kepada makhluk hidup lainnya kitapun dapat membagi rasa cinta dan kasih.akibat adanya cinta akan terjalin hubungan yang berkesinambungan dan saling mengasihi satu sama lain.
Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai. Cinta samasekali bukan nafsu. Perbedaan antara cinta dengan nafsu adalah sebagai berikut:
1. Cinta bersifat manusiawi
2. Cinta bersifat rokhaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah.
3. Cinta menunjukkan perilaku memberi, sedangkan nafsu cenderung menuntut.
Cinta juga selalu menyatakan unsur - unsur dasar tertentu yaitu:
1. Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya.
2. Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar bedasarkan atas suka rela.
3. Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain, agar mau membuka dirinya.
4. Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.

Kekuatan yang membuat kita merasakan kebahagiaan , sedih , bahkan sengsara adalah kekuatan cinta.kita harus bersyukur karena tuyan telah menciptakan sesuatu yang menyebabkan kita dapat merasakan apa artinya sebuah kehidupan, karena cinta dan kasih sayang adalah suatu bentuk keindahan yang tidak dapat di lihat dengan caa apapun melainkan hanya dapat dirasakan dalam hat setiap manusia.
Sebuah pelajaran dari sebuah arti cinta dan kasih sayang dapat merunah sebuah hal yang tidak menyenangkan menjadi lebih berarti.

0 komentar:

Posting Komentar