Jumat, 01 Oktober 2010

java

Pengenalan Java

Java merupakan bahasa pemograman yang berorientasi objek, java berasal dari pengembangan bahasa C++ sehingga strukturnya seperti bahasa C++.
Ialah James Gosling dan Patrick Naughton yang berhasil mengembangkan Java dalam suatu proyek dari SUN Microsystem. Awalnya James ingin memberi bahasa pemrograman tersebut dengan nama OAK yang berasal dari pohon yang terdapat pada kantor James Gosling, tetapi akhirnya diberi nama Java setelah mendapat ide sewaktu minum kopi.
Java sering digunakan oleh semua segmen, karena mampu merambah seluruh hal, dari pemrogaman dekstop hingga pemrograman mobile (mobile programming) dan Java juga terkenal mudah digunakan, karena seluruh sistem operasi dapat menjalankan Java. Sistem operasi itu antara lain Window, Linux, DOS, Unix, dan lain-lainnya sehingga banyak pengguna memakainya.
 Java telah berkembang dari semula diciptakan untuk pemrograman applet  (program komputer yang telah dikompilasi menjadi bytecode, yaitu suatu keadaan program yang dapat dieksekusi langsung; tambahan di dalam suatu homepage selain gambar) yang berjalan di web browser menjadi bahasa pemrograman yang terkenal untuk pengembangan berbagai  aplikasi komputer yang berjalan di beragam perangkat mulai dari handled devices seperti handphone, PDA (Personal Digital Assistant) sampai aplikasi khusus yang tersebar di berbagai macam komputer server.
Apakah bahasa Java itu mudah? Bahasa Java merupakan bahasa sederhana, hanya terdiri beberapa struktur yang tetap, sering disebut sebagai bahasa C++ yang kurang, karena susunannya yang lebih kecil dibanding  bahasa C++. Namun karena diatur secara baik, bahasa Java mudah diperluas melalui pengembangan-pengembangan untuk keperluan khusus.
 Namun bila dikaitkan dengan seluruh kemampuan yang luar biasa tentu java bukan bahasa yang sederhana dan mudah. Walaupun begitu bila kita menyenanginya, mempelajari bahasa Java tidaklah terlalu sulit.
 

0 komentar:

Posting Komentar